Masyarakat Kokas

In

Distrik Kokas terletak di sebelah  utara Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Tergerus dengan lajunya industry perkebunan kelapa sawit dan banyaknya pendatang tidak membuat masyarakat meninggalkan meninggalkan adat dan upacara ritual mereka.

Sebagian  besar wilayah Kokas berada  di pesisir. Ada 14 kampung/kelurahan di pesisir, dan  hanya  tiga  kampung  yang  berada   di lereng  atau  punggung bukit. Sisanya, satu kampung terletak di lembah daerah  aliran sungai, dan lima kampung di dataran.

Sumber  daya  alam  di  Kokas  secara   umum  cukup  banyak.  Salah  satunya adalah   pala  yang  menjadi produk  unggulan  masyarakat.   Pala  merupakan tanaman peninggalan nenek moyang mereka. Meskipun dikembangkan  secara tradisional tapi hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kendala utamanya  adalah  musim karena  pala  adalah  buah  musiman  yang hanya berbuah  di bulan September-Oktober. Di sela waktu menunggu  panen pala,  masyarakat  mengembangkan potensi laut dengan  menangkap ikan dan budidaya rumput laut.

Recent Posts

Leave a Comment