Sumok

In

SUMOK yaitu singkatan dari Samta, Upip, Mahek, Oyam dan Kwafran, yang adalah  nama- nama tempat sakral dan perjalanan  leluhur masyarakat pemilik ulayat. Dengan melindungi tempat-tempat  ini, masyarakat  ingin menjamin  sumber  makanan dan obat-obatan, juga untuk menghormati leluhur mereka. Selain itu, kawasan ini merupakan  tempat hidup berbagai  macam  flora fauna yang dilindungi dan dibutuhkan masyarakat.

Kawasan ini berada di Kampung Kalili yaitu merupakan bagian wilayah administrasi pemerintahan Distrik Kurik Kabupaten Merauke. Kampung ini juga merupakan salah  satu kawasan  pembangunan hutan  taman  industri milik Medco  Papua Industri Lestari dan PT Rajawali Corp.

Potensi sumber daya alam di Kaliki dimanfaatkan  oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan  hidup sehari-hari.  Ada dusun sagu,  tempat satwa untuk berburu,  kali maupun  rawa  untuk mencari  ikan.  Untuk menjaga  kelestarian tempat-tempat tersebut, masyarakat kampung Kaliki memiliki kebiasaan berburu atau meramu.  Kegiatan ini dilakukan tidak setiap saat, melainkan hanya pada waktu-waktu tertentu.

Contoh upacara Sasi. Sasi adalah  komitmen masyarakat dalam hal membuka areal  kebun  baru  atau  menanam suatu  tanaman yang  memiliki nilai adat seperti sagu.  Dari sisi pandangan adat,  tanaman sagu  yang sudah  ditanam dan  belum mencapai  umur panen,  dilarang  untuk ditebang.  Ritual atau  adat Sasi dilakukan pada  semua masyarakat Malind yang ada  di Kampung Kaliki

Recent Posts

Leave a Comment