Tentang WGII

Working Group ICCAs Indonesia (WGII) adalah kelompok kerja yang terbentuk pasca terselenggaranya
Simposium ICCAs di Bogor pada tanggal 13-14 Oktober 2011. ICCAs Indonesia beranggotakan beberapa
LSM di Indonesia; BRWA, JKPP, WWF Indonesia, KIARA, NTFPEP, WALHI, AMAN, Sawit Watch, Pusaka dan Huma. WGII bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai bagaimana masyarakat adat di Indonesia melakukan manajemen konservasi alam melalui kebiasaan kearifan lokal mereka.

Sebaran Masyarakat Adat di Indonesia

Strategi konservasi dan penerapan prinsip pembangunan berkelanjutan dalam skala lanskap yang luas seperti di tingkat kabupaten atau propinsi membuka peluang dan tantangan baru bagi masyarakat adat dan para pemangku kepentingan dalam mengembangkan pola kerja sama untuk menguatkan ketahanan masyarakat adat secara ekologi, sosial dan ekonomi, dan membangun pola pembanguan yang lebih adil dan berkelanjutan. Oleh karena itu, upaya mendokumentasikan hutan adat, wilayah adat dan kawasan konservasi oleh masyarakat (Indigenous Community Conserved Areas) menjadi hal penting untuk mendorong proses pengakuan wilayah adat dengan menunjukkan kearifan masyarakat dalam mengelola hutan adat, juga kawasan pesisir dan laut.

Member WGII

“Every single leaf on the tree is callng for rain and the roots of the tree will hold the water”

Diambil dari Pasang ri Kajang Bulukamba, Sulawesi Selatan. Member WGII berkomitmen untuk mendokumentasikan peran masyarakat adat dalam melestarikan lingkungan.